Saturday, August 6, 2016

Jenis Kucing American Curl


Jenis Kucing American Curl pada awalnya merupakan kucing liar .Pada bulan Juni 1981 dua kucing dengan  telinga melengkung ke belakang datang ke rumah pecinta kucing bernama Grace dan Joe Ruga di Lakewood ,California. Tidak lama kemudian salah satu kucing tersebut mati karena kecelakaan, sedangkan yang satunya lagi tetap tinggal di rumah Grace dan Ruga. Kucing longhair betina berwarna hitam ini diberi nama Shulamith oleh mereka berdua. Shulamith dalam bahasa Hebrew berarti “si hitam cantik”.

Awalnya Ruga tidak terlalu memperhatikan telinga kucing ini yang unik ,karena ia mengira Shulamith hanya lah kucing dengan telinga melengkung ke belakang seperti kucing kebanyakan .Pada Desember 1981 Shulamith melahirkan empat anak kucing, dua diantaranya memiliki genetik yang sama dengan Shulamith, yaitu telinga yang melengkung ke belakang.

Genetik telinga melengkung kebelakang ternyata gen yang dominan ,karena ayah dari anak-anak Shulamith tidak memiliki gen telinga melengkung .Hanya dibutuhkan satu orang tua yang mewarisi telinga melengkung untuk bisa mendapatkan keturunan anak kucing dengan telinga melengkung kebelakang.


Shulamith selanjutnya kawin dengan beberapa kucing lokal lainnya ,sehingga melahirkan anak-anak kucing telinga melengkung ke belakang, baik jenis shorthair maupun longhair, dan juga dengan bermacam warna dan pola .Setelah membaca artikel Kucing Scottish Fold, jenis kucing yang mulai diakui asosiasi kucing karena telinganya yang unik, Nancy Kiester, seorang breeder Australian Shepherds, menunjukkan kucing American Curl pada Jean Grimm. Jean Grimm adalah seorang juri kucing dan juga breeder Kucing Scottish Fold mengatakan pada Kiester bahwa jenis kucing yang melengkung telinganya tersebut masih belum diketahui oleh para cat fancy.

Pengakuan Ras
Selanjutnya Nancy Kiester menghubungi Rugas untuk memberitahukan berita menarik tersebut dan menawarkan diri untuk memberi bantuan tentang pengetahuan kucing agar kucing jenis ini dapat diakui oleh asosiasi kucing .Mereka berdua ,dengan bantuan Nancy Grimm membuat standarisasi jenis kucing ini, yang mereka namakan American Curl. Pada tahun 1986 TICA mengakui jenis kucing ini, selanjutnya pada tahun yang sama CFA juga mengakui jenis kucing ini. FIFe, salah satu asosiasi kucing terbesar di dunia juga telah mengakui jenis kucing ini.


Karakter Fisik
Kucing American Curl termasuk kucing ukuran medium dengan berat 3kg hingga 5kg. Ketika lahir ,kucing ini memiliki telinga yang lurus .Setelah beberapa hari telinga kucing American Curl akan mulai melengkung dan mencapai lengkungan penuhnya pada usia tiga hingga empat bulan. American Curl memiliki dua jenis bulu, longhair dan shorthair. Baik longhair dan shorthair memiliki bulu yang halus dan lembut. Mereka hanya membutuhkan sedikit bantuan grooming dari manusia.

Derajat kelengkungan telinga kucing American Curl untuk kualitas show minimal memiliki 90 derajat hingga maksimal 180 derajat .Lengkungan telinganya tidak boleh terlalu jauh hingga menyentuh bagian belakang telinga atau kepalanya. Jika itu terjadi ,maka kucing itu akan didiskualifikasi.


Karakter Sifat
Kucing American Curls memiliki kucing yang unik ,sehingga mereka terlihat sangat lucu .Jenis kucing ini pintar dan sayang terhadap pemiliknya, serta memiliki personalitas yang menarik, sehingga sangat cocok sebagai hewan peliharaan di rumah. Kucing American Curl lembut tingkah lakunya, tidak seperti Kucing Abyssinian dan Kucing Bengal yang aktif. Selain itu kucing ini memiliki suara yang lembut dan tidak terlalu berisik. Jadi anda tertarik memelihara kucing lucu dengan telinga unik ini?