Sunday, August 9, 2015

Cara Memelihara Kucing Hutan

Panduan Dasar Memelihara Kucing Hutan

Sebelum kedatangan KH ditempat owner yang baru:

1.Siapkan kandang dengan fasilitas : air minum matang (kalo bisa dikasih vitamindan elektrolit), tempat untuk dia sembunyi sehingga merasa nyaman, makanan yang biasa di berikan owner sebelumnya (bila over adopt), atau makanan mentah yang benar2 fresh (seperti burung puyuh baru sembelih..ingat, jangan mencuci daging burung dan tikus untuk pakan KH, tapi pastikan alat, tangan, dan tempat penyiapan pakan KH yang bersih dan kering), siapkan juga disudut kandang tambahan pemanas untuk sumber kehangatan…

2.Segera pindahkan KH ke kandang yang sudah disiapkan dari kandang transport-nya Biarkan sampai dia minum dan menghabiskan jatah makannya…bila dalam 6 jam pakan fresh-nya tidak habis, keluarkan pakannya..beri lagi pakan baru 3-4 jam kemudian.
Tempatkan kandang didalam rumah pada bagian yang paling tenang dan suasana temaram atau bisa juga dengan menutup kandang dengan kain.

3.Jangan Terburu nafsu untuk segera menghandle KH yg baru datang, biarkan KH beradaptasi dengan lingkungan baru  minimal 1-2 hari di dalam kandang cukup sediakan makan dan minum..

4.Jangan langsung menyampurkan KH baru dengan peliharaan lain, terutama untuk KH fresh WC (tangkapan liar), sebaiknya melalui proses karantina minimal selama 2 minggu untuk menghindari jika KH tersebut membawa virus atau bibit penyakit dari luar akan dapat menular ke KH/pet lainnya. amati tingkah laku dan kesehatannya sebelum memutuskan untuk menyampurkan dengan KH/pet lain.

PERAWATAN KH USIA 0 - 1Bln (Usia Sangat Rentan)

Jika KH masih merem asupan susu wajib diberikan setiap 2-3jam dengan takaran susu yg tidak terlalu kental, pemberian susu tadak perlu banyak saat pemberian tp lebih bagus sedikit tapi sering. Pemberian susu berlebih kadang menyebabkan baby KH tersedak dan susu masuk keparu-paru yg sangat berbahaya. Untuk susu yg di sarankan bisa mengunakan susu khusus kitten yg dijual di petshop atau susu non lactosa seperti SGM SOYA, SGMLLM bisa juga dengan memberi susu kambing. Tidak disarankan memberi susu merk Dancow yg bisa menyebabkan mencret pada baby KH.
Pada usia 1bln(sudah tumbuh gigi) baby KH mulai bisa diajarkan makan dengan makanan yg ber textur lembut. Bisa dengan Wiskas basah rasa Cocktail atau khusus Kitten. Lewat usia  1 bln(tumbuh taring kecil) makanan wiskas bisa diganti dengan daging ayam rebus dicincang atau di potong2 kecil bisa dengan gunting atau pisau, bisa juga dengan daging lele cincang, menu makan  bisa ditambahkan minyak ikan 1softgel (isinya) perhari. #minyak ikan membantu terbentuknya  antibody pada baby KH
Di usia 1bln ini lah masa2 pembentukan antibody dan imun tubuh karna bisa jadi saat dipisah dari induknya tidak cukup banyak mendapat asupan susu induk..
Berikan istirahat yg cukup pada baby KH,jika ingin menghandel usahakan pada mlm hari saja karna pada siang hari baby KH tidur dan proses metabolise tubuh terjadi
-         Untuk kandang diberi lapisan handuk dan diberilampu penghangat bisa juga setiap sisi kandang ditutup mengunakan kerdus agartidak banyak angin yg masuk.

PERAWATAN USIA 2 - 3 Bln ( Usia Rentan)

Rata2 pada usia menginjak 2bln kitten KH sudah mulai tumbuh gigi sedikit lebih besar dan lebih kuat mengunyah textur makanan agak kasar,menu makan tetap bisa mengunakan daging ayam ,daginglele tanpa duri disajikan bisa dalam kondisi matang atau mentah (dicuci bersih),minyak ikan tetap bisa diberikan dan ditambah vitamin untuk kesehatan KH.
Jika kitten KH di freeroom selalu awasi dan perhatikan area ruangan, terutama lantai,sifat KH diusia ini sangat ingin tahu dengan menjilat atau mengendus apa saja,banyak kuman dan bakteri yg mengancam nyawa kh.
Pemberian obat cacing juga tidak boleh dilewatkan sebagai pencegahan agar asupan makan dan gizi tidak percuma..
Di usia 2bln Up jika memungkinkan sebaiknya kitten KH di vaksin gunanya untuk membentengi  KH dari serangan penyakit dan virus. Vaksinyg diberikan bisa tricat ato tetra cat.

PERAWATAN USIA 3Bln Up

Di usia ini KH sudah bisa diberi makan padat seperti kepala leher ayam rebus atau mentah,lele serta makanan tambahan berupa burung emprit atau tikus putih(Tiput). Pertumbuhan sedang pada puncak kecepatannya...terutama pembentukan rangka tubuh, sangat memerlukan asupan kalsium tercerna yang cukup...kepala ayam setelah dibuang paruhnya di cuci bersih...dikukus presto(selain melunakkan tulang, juga menurunkan kadar lemak yang kurang baik untuk KH bila berlebihan, terutama pada kulit leher-kepala ayam) selama satu jam terhitung sejak mendidih .Untuk pemberian tiput yg dibeli di pasar burung usahakan tiput tersebut dipuasakan makan hanya diberi minum minimal 1 hari. Supaya minimal mengurangi bakteri dalam perut tiput karena kita tidak tahu makanan apa yg diberikan tiput tersebut saat di pedagang.
Berikan makanan yg KH suka atau Menu makan bisa diselang seling guna menghindari KH bosan .
Di usia ini juga tidak boleh teledor karna masih rentan terhadap penyakit dan beberapa masalah yg berujung kematian. Biasanya diawali dengan nafsu makan menurun,mencret,diare,muntah. **(Belom Selesai Tolong ditambahkan ato direvisi)

BEBERAPA OBAT Buat isi P3K

-* VITAMIN NUTRIPLUS GEL CURCUMA PLUS
       - penambah nafsu makan. dosis 1 cc perhari utk kucing dewasa. 1/2 cc untuk kitten.
-* STIMUNO
       - Pembantu meningkatkan daya tahan tubuh. dosis 0.5 CC perhari utk kucing dewasa. Tingkatkan
         dosis apabila  sudah terbiasa dan tidak mencret.
-*CURCUMA PLUS IMUNS
       - gabungan 2 obat diatas. dosis 1cc perhari untuk dewasa 0.5 cc utk kittens.

    OBAT FLU DAN MASALAH PENCERNAAN
*SAKAMYCETIN SIRUP (Rp. 15.000,-)
      dosis 2 x 2cc untuk dewasa, 2 x 1 cc untuk kittens 4 bulan keatas. 2 x 0.5 cc untuk kittens dibawah 4 bulan.
INTRAMYCETIN SIRUP (Rp. 13.000,-) dosis sama
    OBAT SAKIT MATA
ERLAMYCETIN - CENDO PENICOL - SALEP MATA KEMYCETIN - SALEP MATA TERRAMYCIN
 (waspada       pemberian lebih dari 8 kali) - GENTAMICIN - GARAMICIN
    OBAT CACING
    -* DRONTAL CAT
        Dosis 1tablet = 4Kg berat badan kucing
    -* ERLIWORM
    -* ALBENDAZOLE dosis 1tablet = 4kg BB
     OBAT MENCRET
1. NEO ASTA (pectin & kaolin) -- melapisi dinding usus
2. BUSCOPAM 10 mg -- memperlambat gerak peristaltik usus
3. IMMODIUM LOPERAMIDE HCI 2 mg -- Tablet Salut Selaput
    OBAT MUNTAH-MUNTAH
1. VORNIPAM
   OBAT LUKA
1. CHLORAMFECORT-H mengandung Chloramfenicol basa 20mg dan bahan lain
2. KALIMICETIN hanya mengandung chloramfenicol basa 20mg >-- recommended for allergic pet.
   OBAT KUTU, GATAL, JAMUR
1. SABUN DERMASEP >-- sulfur 15%
2. SHAMPOO MACHICKO FLEA & TICK
3. SUNTIKAN IVERMECTIN
4. SUNTIKAN DORAMECTIN
5. SALEP DERMARAL
6. SALEP BONTI
7. SALEP MICONAZOLE
7. SALEP 2-4
8. AMITRAS
9. Chyper Killer

KESEHATAN DAN PENYAKIT KH

Masalah kesehatan  yg paling sering di dera KH  adalah masalah Pencerakan karna pencernakan Kh yg masih primitif dan rentan sekali terserang diare/mencret. Ini terjadi bisa karna faktor makanan,kebersihan kandang,cuaca yg kurang baik.

PANDUAN ATASI KUCING MENCRET/DIARE:

Jangan biarkan diare berkelanjutan ya, bisa menyebabkan luka di usus. Untuk pertolongan pertama bisa di kasih obat diare. Bisa sesuaikan merk obat berikut dengan kitten sobat.
Daftar merk obatnya sbb:
1. Lodia 1/4 tab aja.
2. Flagyl. Cuma yg ini pahit, kasihan kucingnya, kalo aku lebih pilih Lodia, lbh mudah ngasihnya. Keduanya bisa di beli di apotik.
3. Entrostop ¼ tab aja. Bisa juga Diatab, Diapet, Biodiar, Imodium,dll... Kittenku slama 3 hari aku kasi entrostop berangsur-angsur sembuh. Namun, dikemudian hari banyak yang komen kalo Biodiar lebih baik dari yang laen..
4. Scourban. Biasa digunakan bila diare kitten karena bakteri/mikroba jahat.

    PANDUAN TERAPI UNTUK KUCING SELAMA SAKIT MENCRET/DIARE.

1. TEMPE bisa jadi salah satu alternatif makanan alami yang bisa meringankan diare sekaligus mengontrol populasi mikrobia penyebab diare. caranya: cukup di campurkan pada makanan biasanya, kalo tidak mau makan, tempe bisa direbus pake kaldu ayam, untuk merangsang nafsu makan kucing.

2. PUASAKAN KUCING. Puasakan kucing dewasa 24 jam, anak kucing 12 jam. Jangan dikasih makan, cukup sediakan minum air putih. Diminumin VCO (Virgin Coconut Oil) 5 ml sehari kucing dewasa, 2,5ml kitten.

CATATAN: pengobatan ada 2 jenis :

1. kausatif: menghilangkan penyebab penyakit mencret yg bisa berupa cacing, bakteri, protozoa, racun(toxin) atau virus atau bisa juga gara2 makanan.
2. pengobatan symptomatis : mengurangi atau menghilangkan gejala penyakit. Cara ini biasanya menggunakan obat2an, seperti yang tertera di atas.