Friday, August 5, 2016

Jenis Kucing Birman



Kucing Birman ,yang berarti “Kucing Suci dari Burma” adalah salah satu jenis kucing domestik .Tidak jelas bagaimana asal usul jenis kucing ini, namun banyak orang yang mengklaim bahwa jenis kucing ini berasal dari sebuah kuil biksu di Burma (Myanmar saat ini) bagian utara di Pegununungan Lugh. Menurut legenda kucing ini membawa jiwa para biksu yang telah meninggalkan dunia ini. Dewi Tsim-Kyan-Kse adalah dewi yang disembah oleh penduduk sekitar yang digambarkan dengan patung emas dengan mata safir yang bersinar.


Mun-Ha ,seorang biksu dan penyembah Dewi Tsim-Kyan-Kse selalu beribadah di kuil tersebut .Mun-Ha memiliki teman terbaik bernama Sinh, salah satu dari 100 kucing putih suci yang tinggal di kuil tersebut. Sinh selalu menemani Mun-Ha setiap ibadah malamnya di depan patung emas tersebut.

Pada suatu hari ,perampok dari Siam merampok kuil tersebut dan menyerang Mun-Ha .Saat Mun-Ha sedang berbaring sekarat, Sinh menaruh kakinya di kepala Mun-Ha dan menghadap patung Tsim-Kyan-Kse. Tiba-tiba warna bulu putih Sinh berubah menjadi warna rona emas yang indah, muka, ekor dan kakinya menjadi gelap seperti warna tanah, dan matanya berubah dari warna kuning menjadi warna biru safir. Sedangkan kaki cakarnya tetap berwana putih, sebagai simbol semangat murni Mun-Ha. Lalu keesokan paginya, seluruh kucing putih di kuil tersebut juga berubah seperti Sinh.


Sedangkan asal usul lainnya yang lebih ilmiah dan kurang romantis tentang jenis kucing ini dimulai pada tahun 1919 ,pada saat sepasang kucing Birman tiba di Prancis .Pada awal abad keduapuluh, kuil Tsim-Kyan-Kse juga diserang kembali. Dua orang Barat, Auguste Pavie dan Major Gordon Russel, membantu beberapa biksu dan kucing suci mereka melarikan diri ke Tibet. Ketika keduanya kembali ke Prancis pada tahun 1919, mereka diberikan sepasang Kucing Birman oleh para biksu sebagai tanda ucapan terimakasih.

Jenis kucing ini pun berkembang dan pada tahun 1925 kucing Birman secara formal sudah dikenal di Perancis dan standarisasi ras kucing pun sudah ditulis .Kucing ini pun terus dikembangkan dan disempurnakan di negara tersebut hingga datang lah kekacauan Perang Dunia II ,hingga ras kucing Birman pun kembali hampir menjadi punah. Selanjutnya butuh waktu bertahun-tahun melakukan cross-breeding secara berhati-hati untuk memperbaiki kembali ras kucing Birman ini.


Pada tahun 1959 sepasang Kucing Birman tiba di Amerika Serikat dan pada tahun 1967 CFA (Cat Fanciers’ Association) secara resmi jenis kucing Birman diakui .Pada tahun 1979 TICA (The International Cat Association) kucing ini juga diakui ,diikuti juga oleh FIFe (Fédération Internationale Féline).

Karakter Fisik

Kucing Birman memiliki ukuran medium ,badan persegi panjang dengan wajah lebar .Telinga kucing ini idealnya adalah lebar dan tinggi. Mata kucing ini berbentuk bulat dan berwarna biru safir. Bulu kucing Birman medium long dan memiliki tekstur halus. Tidak seperti kucing persia, kucing birman tidak memiliki undercoat, sehingga rentan menjadi kusut.


Kucing Birman yang ideal ,adalah memiliki sepasang glove marking (sarung tangan) putih di kaki depannya dan harus berakhir warnanya di ruas sendi kedua atau ketiga kaki cakarnya .Idealnya pola glove di kaki depan, kaki belakang haruslah cocok. Namun untuk mendapatkan gloves marking putih ini sangatlah sulit bagi setiap breeder kucing Birman.

Kucing Birman lahir dengan warna putih ,lalu warnanya akan berkembang menjadi pola pointed .Warna shading pada kakinya akan terbentuk belakangan, jadi periode penungguan warna shading yang membentuk gloves marking ini muncul merupakan kecemasan utama para breeder kucing Birman. Membentuk gloves marking ini menjadi sempurna sangatlah sulit, karena hal ini berkaitan dengan faktor gen dominan white spotting yang sulit untuk dikontrol.


Karakter Sifat

Kucing Birman merupakan kucing yang penuh kasih sayang ,lembut dan pendamping setia dengan aura yang membuat kekaguman manusia .Seperti asal usulnya, kucing Birman yang merupakan mantan kucing kuil, kucing ini telah terbiasa menikmati kekaguman dari manusia. Kucing Birman sangat cerdas dan penuh kasih sayang menurut para breeder. Mereka pada umumnya akan menyapa pengunjung dengan rasa ingin tahu daripada rasa takut. Karena temperamen mereka lembut, kucing Birman mudah untuk ditangani, dirawat, dan diikuti show. Kucing ini sangat ideal bagi siapa saja yang ingin memiliki sahabat yang tenang yang akan menawarkan cinta dan kasih sayang. Apakah anda tertarik untuk memelihara kucing suci yang berasal dari Burma ini?