Friday, August 5, 2016

Jenis Kucing Oriental


Jika kita ingin mengetahui tentang sejarah Kucing Oriental ,maka kita tidak bisa memisahkannya untuk membahas Kucing Siam .Pada jaman dulu, jenis kucing siam yang berwarna color point dan bermata biru dipelihara oleh keluarga kerajaan dan dijaga di Istana Siam (Thailand saat ini). Pada tahun 1920an kucing pertama diimpor dari Thailand menuju Inggris, biasanya berwarna solid atau bicolor.


Konsep mengenai seekor kucing dengan badan kucing siam namun dengan beragam pola dan corak warna mulai menarik perhatian imaginasi pecinta kucing .Dengan bantuan breeder yang ahli ,kucing siam mulai dikembangkan menjadi kucing yang saat ini kita kenal dengan kucing oriental. Program pengembangan dimulai pada tahun 1950an dengan melakukan kawin silang antara kucing siam, kucing russian blue, kucing british shorthair, kucing abyssinian dan domestic shorthair, lalu menyilangkan kembali anakannya ke kucing siam.


Selanjutnya beberapa breeder Amerika yang memiliki ketertarikan dengan kucing ini lalu membentuk Oriental Shorthair International ,sebuah klub yang akhirnya membuat kucing oriental diakui oleh CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 1972 .Selanjutnya pada tahun 1985 TICA juga mengakui ras kucing ini. Meningkatnya jumlah pola dan corak warnanya membuat kucing oriental menjadi populer. Saat ini kucing oriental berada pada peringkat kesepuluh kucing paling popular di CFA.


Karakter Fisik Kucing Oriental

Kucing Oriental dikategorikan sebagai kucing ukuran medium dengan berat antara 4kg – 6,6kg. Hingga saat ini ,terdapat lebih dari 600 kombinasi warna, pola, dan panjang bulu yang ditelah dikonfirmasi. Mulai dari pola warna solid, smoke, shaded bicolor, hingga tabby. Beragam warna pun juga ada di jenis kucing ini, mulai dari putih, hitam, merah, blue, chocolate dan lainnya.


Kucing ini juga memiliki tubuh langsing namun berotot dengan garis panjang dan kepalanya yang berbentuk baji .Telinga kucing ini sangat besar dan lebar ,sehingga kepalanya terlihat seperti bentuk segitiga. Matanya berukuran sedang dengan bentuk almond yang berwarna biru, hijau ataupun odd-eyes (satu biru dan satu hijau). Tubuhnya digambarkan seperti tubular dengan kakinya yang ramping dan panjang -kaki belakang lebih panjang dibandingkan dengan kaki depan. Kucing Oriental Longhair memiliki bulu menengah-panjang yang halus.




Karakter Sifat Kucing Oriental

Kucing Siam dan Kucing Oriental mungkin memang berbeda dalam pola warna ,namun didalamnya mereka cukup identik .Kucing Oriental cerewet dan keras kepala. Dia akan memberitahu kita apa yang ada dalam pikirannya dengan suara yang keras dan berharap agar kita memperhatikannya. Kucing ini sangat menyayangi orang-orang yang telah menjadi keluarganya, oleh karena itu kucing ini ingin menjadi “bermanfaat” dengan cara mengikuti dan mengawasi kita kemanapun kit apergi. Ketika kita duduk, kucing oriental akan di pangkuan kita, dan ketika kita tidur di malam hari ia akan berada de tempat tidur kita, mungkin di bawah selimut atau di bantal kita.


Jika kita tidak senang dengan keributan ,maka tidak disarankan untuk memelihara kucing ini .Namun jika kita senang menikmati mengobrol dengan kucing kita sepanjang hari, maka kucing oriental merupakan teman terbaik. Pastikan kita memiliki waktu untuk menghabiskan waktu dengan kucing yang suka berinteraksi ini. Kucing oriental sangat tidak suka ditinggal sendirian. Jadi jika kita bekerja di siang hari, bisa jadi pilihan terbaik jika kita memelihara dua kucing agar mereka bisa berinteraksi.


Kucing Oriental termasuk jenis kucing yang sangat cerdas ,lincah dan atletis, serta suka bermain .Ia menjaga otaknya agar tetap aktif dengan permainan puzzle. Kucing ini sangat senang bermain cat teaser, tubuhnya yang atletis juga membantu ia dapat berlari dan memanjat cat tree yang besar. Ia mampu membuka pintu dan laci atau mengobrak-abrik isi tas kita untuk mencari sesuatu yang menarik perhatiannya. Jangan pernah meninggalkan kucing ini tanpa hiburan, atau kita akan melihat rumah kita berantakan akibat ulah kucing oriental.


Kucing Oriental sangat peduli dengan orang-orang yang ada dalam hidupnya .Mereka sangat dekat dengan manusia pilihannya ,jadi bersiaplah untuk komitmen seumur hidup ketika memeliharanya. Karena kucing ini akan sangat sulit menyesuaikan diri ketika kehilangan keluarga atau orang favoritnya.Semoga bermanfaat.