Wednesday, February 24, 2016

Bagaimana Cara Menangani Kucing Hutan Baru


Informasi Bagaimana Cara Menangani Kucing Hutan Baru


KUCING INDO - Terinspirasi dari tayangan Dog Whisperer oleh Cessar Millan,dokumen ini ditujukan memberi informasi bagaimana menangani kucing hutan yang baru kita dapat.
 
1. Jika sdh mendapat kucing hutan maka hal pertama yang harus dilakukan ialah mendatangi dokter hewan untuk cek kondisi kesehatan kucing hutan.
  • hal ini penting untuk dilakukan demi kesehatan kita dan kucing hutan,agar tidak saling menulari dan juga untuk cek usia kucing hutan serta berat badan.
  • mintalah saran dokter hewan cara merawat kucing hutan yg anda miliki krn tiap kucing hutan beda karakter dan beda kondisi badan dan kesehatannya
  • pastikan kucing hutan mendapat vitamin,vaksin,obat anti cacing dan bakteri dari dokter hewan.
  • banyak kasus kematian kucing hutan ditangan pemeliharanya (manusia) krn kita tidak tahu seperti apa kondisi kucing kita,jangan tunggu sampai kucing kita mencret,ga mau makan. karena berdasarkan pengalaman yg sudah2,kucing hutan bakal terlihat sehat2 aja walo kondisi didalam badannya sdh sakit parah jadi tidak heran kalo malam sehat2 aja dan makan lahap tapi beberapa jam kemudian mati
2.Jika kamu takut memberi makan kucing hutan dengan tangan sendiri bisa menggunakan sarung tangan yg sebelumnya sdh di usap2 ke badan mu agar bau badan mu ada di sarung tangan itu.pastikan sarung tangan itu cuma kamu yg pakai agar tidak tercampur dengan bau badan orang lain. hal ini penting dilakukan sampai kucing hutan mengakui kamu sebagai tuannya dengan tanda2 saat kamu kasih makan pakai tangan si kucing ga menggigit jari mu,tidak hissing atau teriak2 saat ada kamu,atau kabur liat kamu.

3. Kalo kamu takut digigit ama kucing hutan saat memberi makan pake tangan (hand feed) bisa pakai cara nomor 2 diatas namun hanya untuk sementara waktu sampai kamu berani hand feed kalo sampai 3 bulan kamu masih belum berani handfeed maka sangat disarankan untuk tidak memelihara kucing hutan dan menggantinya dengan kucing domestik atau ras karena seni memelihara kucing hutan ialah bagaimana agar kucing hutan jinak dengan kita sebagai pemelihara namun tetap mempertahankan karakter kucing hutan sesuai habitatnya di alam liar.

4. kalo Kamu takut digigit kucing hutan terus berpikir untuk memotong,menumpulkan gigi si kucing maka lebih baik kamu lepas ke alam liar atau BKSDA atau pihak yang berwenang karena melukai kucing hutan adalah pelanggaran hukum pidana tanpa delik aduan.

5. sediakan tempat untuk kucing hutan tinggal dengan kondisi hangat,tidak lembab dan berair serta bersih lebih bagus kalo sdh ada kandang kucing lengkap dengan pasirnya serta tempat minum. untuk meningkatkan kehangatan bisa menggunakan kain tebal atau yg sejenisnya dan bila malam tiba atau kondisi ruangan termasuk dingin maka bisa menggunakan lampu pijar di ruangan atau lampu belajar yg pake bohlam pijar diarahkan cahaya nya ke si kucing biar hangat

6. jika kamu baru dapat kucing hutan dlm kondisi hissing,bila ada yg mendekat si kucing mengigit serta dia lari pojok ruangan maka itu tanda2 si kucing masih dalam kondisi stress dengan lingkungan baru nya, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah siapkan nyali untuk digigit ama si kucing karena dlm kondisi stress si kucing ga mau makan& minum walo disodorkan didepan hidungnya.jadi kamu yg harus masukkan makanan&minuman ke mulut si kucing. untuk pilihan makanan yg bisa dikasih ke kucing dlm kondisi stress tergantung pada umur si kucing namun umumnya bisa makanan yg sebelumnya pernah dikasih ke si kucing atau wet cat food yg dikasih air bersih biar lebih encer,untuk pilihan susu jangan menggunakan susu sapi dan susu yg mengandung lactosa. sesuaikan jenis susu kucing dengan umur si kucing