Monday, August 15, 2016

Jenis Kucing Bengal


Jenis Kucing Bengal berasal dari perkawinan silang oleh para ilmuwan antara leopard Asia berukuran kecil (Prionailurus bengalensis) dengan kucing domestik berbulu pendek (Felis silvestris catus) dalam upaya mengenalkan imunitas alamiah kucing liar kepada kucing ,yang bisa terkena virus leukimia kucing .Proyek tersebut gagal, namun menghasilkan kucing hibrida yang menarik perhatian beberapa pecinta kucing Amerika. Temperamental kucing hibrida ini tidak stabil karena masih memiliki sifat kucing liar. Selanjutnya dilakukan program breeding selektif dengan beberapa ras kucing lain, seperti Abyssinian, Bombay, British Shorthair dan Egyptian Mau. Dari berbagai persilangan tersebut dihasilkan kucing yang dinamakan Leopardette, yang secara resmi diterima sebagai ras baru pada tahun 1980an.

Pada tahun 1991 ,TICA (The International Cat Association) menerima ras kucing ini untuk status championship, namun dengan syarat kucing tersebut minimal telah lahir dari empat generasi (F4) untuk memastikan ia jinak dan tidak memiliki sifat liar .Setelah itu berbagai asosiasi kucing seperti FIFe (Fédération Internationale Féline) dan GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) juga mengakui kucing ras kucing ini.

Namun tidak semua asosiasi kucing menerima ras kucing ini ,CFA (Cat Fanciers’ Association) tidak mengakui kucing ini sebagai kucing ras, berdasarkan kebijakannya CFA tidak memperbolehkan suatu ras kucing yang dihasilkan dari kawin silang dengan hewan liar, dan kebijakan tersebut sangat dipegang teguh oleh CFA .Kucing Bengal bukan hanya dilarang tampil dalam cat show yang disponsori CFA, namun juga tidak dijinkan ada dalam satu gedung dengan acara CFA. Hal ini berkaitan dengan masalah temperamen kucing yang masih berasal dari darah hewan liar, walaupun sudah lama bercampur dengan kucing domestik, insting liar kucing ini masih bisa muncul.


Karakter Fisik

Kucing Bengal memiliki motif bulu yang sangat cantik dan bentuk badan yang kekar .Memiliki hewan ini seolah telah membawa suasana hutan ke dalam rumah. Motif bulu Kucing Bengal unik ,tidak seperti kucing ras lainnya, kucing ini memiliki pola seperti kucing liar. Kucing Bengal memiliki beberapa motif pada bulunya, yaitu spotted, rosettes (spotted dengan ukuran lebih besar) dan marbled. Beberapa warna bulu yang diakui oleh TICA adalah warna coklat, seal lynx point, mink, sepia dan perak. Semakin terlihat kontras pola bulu pada kucing bengal, maka ia akan mendapat nilai yang bagus di dalam show. Tidak seperti penilaian pada kucing ras lainnya, karakter kucing bengal akan sangat berpengaruh di dalam show, jika kucing tersebut masih terlihat sifat liarnya maka ia akan langsung didiskualifikasi. Hal ini untuk menjaga agar keturunannya memiliki sifat jinak.



Karakter Sifat

Jika kita ingin memiliki kucing yang tenang dan anggun ,kucing bengal bukan lah pilihan yang bagus .Kucing ini sayang terhadap pemiliknya namun ia memiliki energi yang sangat banyak dan senang bermain dengan pemiliknya. Kucing Bengal selalu ingin berinteraksi dengan kita dan membutuhkan teman bermain baik secara aktivitas fisik dan stimulasi mental. Kucing ini sangat atletis dan lincah, kucing bengal sangat suka memanjat tempat-tempat yang tinggi di ruangan manapun.


Salah satu karakteristik yang membuat kucing ini spesial adalah kecerdasannya .Kucing ini dibekali dengan rahang yang kuat ,kuku yang tajam dan refleks yang cepat karena ia memiliki gen leopard yang dirancang untuk hidup di hutan rimba. Kucing ini sangat cerdas, mereka akan penasaran dan berusaha untuk berinteraksi dengan segala sesuatu yang berada disekitarnya. Tidak seperti ras kucing lain, kucing bengal sangat senang bermain dengan air. Kucing ini tidak senang jika ia diacuhkan atau ditahan kebebasannya. Bisa dikatakan bahwa kucing bengal adalah ras kucing yang paling aktif.

Apakah anda suka dan cocok dengan kucing bengal? Mau punya kucing bengal? Buruan deh ,sudah banyak lho breeder bengal di Indonesia.