Wednesday, August 17, 2016

Penyakit Kucing : Katarak Pada Kucing dan Penyebabnya


Tahukah anda jika kucing juga bisa terkena katarak? Ya ,struktur mata pada kucing hampir mirip pada manusia, termasuk lensa mata .Lensa mata berbentuk seperti piringan kecil yang transparan dan terletak di belakang iris. Lensa mata akan menyesuaikan bentuknya untuk memfokuskan sinar cahaya yang masuk ke retina, jaringan peka cahaya yang melapisi permukaan bola mata. Jadi dengan kata lain, lensa mata berfungsi untuk mengatur cahaya yang akan masuk ke mata.

Lensa mata juga bisa memiliki beberapa masalah ,salah satunya adalah katarak .Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa mata tertutup lapisan seperti susu, berawan atau benar-benar buram. Ketika hal ini terjadi, maka cahaya yang akan masuk dari mata menuju retina menjadi terhalang.


Seperti apa katarak itu?

Katarak dapat mengenai satu mata (unilateral) atau kedua mata (bilateral) .Sebuah katarak dapat muncul secara tiba-tiba atau dapat berkembang selama bertahun-tahun. Katarak biasanya lebih sering muncul pada hewan yang sudah tua ,namun hewan yang masih baru lahir pun juga bisa terkena katarak. Katarak akan terlihat semakin jelas seiring bertambah usia pada kucing, walaupun tidak semua katarak bersifat progresif.

Tingkat katarak yang bisa mengenai kucing juga bervariasi ,mulai hanya sebagian lensa yang terkena, hingga dapat mengenai seluruhnya sehingga lensa mata terlihat buram .Pada kucing, biasanya katarak terlihat seperti kepingan es berwarna biru. Semakin matang katarak, ia dapat berkembang menjadi retakan kristal yang terlihat seperti retakan pada marmer ketika dijatuhkan.


Lalu apa penyebab katarak?

Katarak dapat disebabkan oleh beberapa hal . Berikut ini beberapa penyebab katarak:


  • Katarak kongenital (bawaan lahir): Seekor kucing dapat terlahir dengan katarak .Katarak kongenital dapat disertai dengan cacat pada mata lainnya ,seperti microphthalmia (mata kecil abnormal) atau Persistent pupilary membran (sebuah jaringan yang melintasi iris ke kornea).
  • Usia: Katarak dapat muncul secara tiba-tiba dan cenderung menjadi umum ditemukan dengan bertambahnya usia.
  • Cedera pada mata: Cedera pada mata dari perkelahian kucing adalah salah satu penyebab umum munculnya katarak pada kucing .Ketika katarak muncul pada salah satu mata ,biasanya hal itu didahului terjadinya cedera pada mata. Cedera yang menembus lensa mata atau merusak cairan mata dapat menyebabkan berkembangnya katarak.
  • Uvetis: Uvetis adalah kondisi peradangan mata yang biasanya disebabkan oleh kelainan sistem kekebalan tubuh .Uveitis dapat memicu berkembangnya katarak. Gejala uveitis biasanya seperti menyipitkan mata ,mata berair, perubahan warna mata, ukuran dan bentuk pupil yang abnormal dan lensa menjadi keruh.
  • Penyakit: Feline Infectious Peritonitis, Feline Leukemia dan FIV semuanya dapat memicu pembentukan katarak.
  • Diabetes: Kucing dapat terkena katarak akibat kondisi diabetes yang dialaminya ,namun kejadian ini lebih sering dialami anjing daripada kucing.
  • Pola makan yang buruk: Katarak juga bisa berkembang akibat gizi buruk, kadar kalsium darah rendah, kekuarangan taurin, arginin, metionin histidin dan fenilalanin .Katarak yang disebabkan oleh kekurangan gizi biasanya terjadi secara bilateral (di kedua mata). Oleh karena itu berikan makanan gizi seimbang untuk kucing kita ya.
  • Defisiensi pencernaan: Beberapa katarak dapat berkembang akibat ketidakmampuan ikucing untuk mencerna protein dengan benar.
  • Paparan terhadap obat tertentu atau zat beracun
  • Keracunan radiasi
  • Sengatan listrik



Memang banyak sekali penyebab kucing terkena katarak ,namun dalam banyak kasus, penyebab katarak tidak bisa diketahui dengan pasti .Pada bahasan selanjutnya, Forum Kucing akan membahas bagaimana cara mengetahui bagaimana jika kucing kita terkena katarak, serta cara mengobatinya. So, terus pantau artikel kita ya!